- Back to Home »
- Analisis Web E-Commerce Tokopedia
Posted by : http://azizsyarifuddin15.blogspot.com/
Sabtu, 06 Oktober 2018
Analisis Web
E-Commerce Tokopedia
Tokopedia merupakan website bisnis online
terbesar dan teraman di Indonesia, sehingga cukup banyak diminati oleh para
pecinta bisnis online. Website ini merupakan website bisnis asli buatan anak
bangsa. Penemu bisnis ini adalah dua orang anak bangsa yang mempunyai pemikiran
maju dan cerdas. Website ini tidak hanya merupakan website jual beli saja, tapi
juga penyedia toko online yang mempunyai pelayanan yang maksimal kepada par
konsumennya. Konsep dari website ini adalah memberikan pelayanan tanpa sekat
pada para konsumennya.
- Fitur tokopedia:
- Tokopedia TopAds
TopAds adalah fitur untuk mempromosikan toko ataupun
produk yang kamu jual sehingga berpotensi dilihat dan dibeli oleh lebih banyak
pembeli di Tokopedia.
- Statistik Toko
Statistik Toko adalah fitur baru bagi toko yang berlangganan Gold Merchant. Dengan fitur ini, penjual bisa memantau dan melihat performa toko, mulai dari statistik produk yang dijual hingga data transaksi secara detail.
- JNE Online Booking (JOB)
- Preffered Logistic Partner
- Gold Merchant
- TopPoints
TopPoints adalah poin reward yang diberikan untuk semua pembeli yang aktif dan beruntung. Dengan TopPoints, kamu bisa dapat DISKON hingga 20% untuk semua produk di Tokopedia. Masa berlaku TopPoints adalah 30 hari sejak TopPoints kamu dapatkan.
- Informasi Lucky Deal Tokopedia
Lucky Deal kami sediakan untuk memberi keuntungan lebih bagi pembeli dan penjual yang aktif di Tokopedia. Semakin sering dan aktif kamu menggunakan Tokopedia, kesempatan menjadi Lucky Buyer/Lucky Merchant pun semakin besar. Keuntungan dari Lucky Deal bagi pembeli dan penjual dapat bervariasi setiap periodenya.
- Reputation System
Reputation System adalah sistem penilaian baru untuk Toko, Pembeli, dan Produk di Tokopedia. Reputation System ini akan menggantikan sistem Review yang lama. Kelebihan Reputation System adalah kini penjual juga dapat memberikan nilai kepada pembeli, sehingga sistem penilaian akan berjalan dua arah. Masing-masing Toko, Pembeli, dan Produk akan memiliki nilai reputasi sendiri. Dengan adanya Reputation System, diharapkan proses pembelian menjadi lebih mudah dan transparan.
- Pusat Resolusi Tokopedia
Tokopedia mendorong pengguna situs Tokopedia untuk berkomunikasi satu sama lain terlebih dahulu jika muncul permasalahan dalam transaksi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghubungi penjual di Tokopedia menggunakan Pusat Resolusi untuk mencari pemecahan masalah.
- User Management/Pengaturan Admin
User Management atau Pengaturan Admin merupakan fitur berbayar yang disediakan oleh Tokopedia bagi Anda yang memiliki toko dengan penjualan yang tinggi dan sering kewalahan mengelola toko sendiri.
- Metode Pembayaran
- Transfer bank
- Klik BCA
- BCA KlikPay
- Mandiri ClickPay
- Mandiri e-cash
- Visa, MasterCard, UCB
- Cicilan kartu kredit
- Indomaret di seluruh cabang Indonesia
- Kelebihan Tokopedia
Bagi pembeli:
- Lebih aman karena pembayaran melalui tokopedia.
- Dapat dengan mudah membandingkan harga barang.
- Memudahkan membeli dari penjual yang terpercaya dengan melihat review dan diskusi produk.
- Mudah mencari berbagai barang karena terdapat beragam kategori.
- Saldo bisa diuangkan.
- Terdapat fitur complain apabila barang yang diterima tidak sesuai.
Bagi penjual:
- Gratis
- Mudah terindeks mesin pencari.
- Aman
- Kekurangan Tokopedia
Bagi pembeli:
- Tidak ada keterangan stok barang.
- Tidak dapat melakukan cancel pemesanan apabila penjual tidak merespon sebelum 3 hari.
Bagi penjual:
- Persaingan ketat.
- Kadang pembeli lupa meng-konfirmasi penerimaan barang.
- Memerlukan banyak barang yang dijual agar dipandang bagus oleh calon pembeli.